Senin, 20 Januari 2014

Buah Timun Apel ?

Hallo teman-teman, hari ini lagi ada waktu buat nulis lagi nih.
Kali ini sih mau nulis tentang buah yg unik waktu saya lagi jalan-jalan ke daerah pantai pakis, karawang utara yg berbatasan dgn kab. Bekasi.

Jadi waktu bulan Oktober 2013 klo tdk salah ya, Jujur lupa nih. Saya pengen banget tahu tambak ikan bandeng yang ada di sekitar bekasi. Setelah saya mendapatkan sedikit info dari tante saya langsunglah saya meluncur jalan seperti biasa dgn laki saya. Padahal sejujurnya tuh ya, kita gk lengkap" banget sih infonya. Tetapi karena ada waktu senggang ya kita berdua lgsg coba jalan tanya google maps dan tanya orang di jln deh. Yg penting arah ke pesisir lah pokoknya.hehehe...

Karena itu pertama kali saya dan laki saya main ke pelosok bekasi ya ada sih nyasar"nya.. hehee...

Intinya tentang buahnya aja dulu ya.. tentang pantainya dan peta arah menuju ke pantai pakisnya nanti deh di postingan berikutnya. Soalnya itu bakalan panjang bgt pasti. :D

Intinya saya itu nemuin dh itu pantai pakis dan takjub bgt! Ternyata di pinggiran bekasi menuju pesisir utara karawang itu ada pantai yang gk kalah asyik dr anyer. (Gak tau deh ini lebay atau apalah) pokoknya sih emg cuma kurang penginapan aja di pantai pakis. Tetapi penduduk sekitar banyak yang membuka warung makanan sepanjang pantai pakis itu. Macam-macam jenis ikan laut dan tawar yg di suguhkan untuk di nikmati wisatawan.

Setelah selesai menikmati pemandangan pantai dan sudah menemukan tambak bandeng yg saya cari untuk suatu keperluan langsung deh saya buru" pulang. Soalnya takut kemalaman. Daerahnya sepi di sana soalnya, serem klo malem" ban bocor atau apalah.. rada ssh cari jasa perbengkelan disana.

Setelah sudah keluar dari daerah wisata pantainya kita melewati tambak-tambak ikan bandeng yg di sepanjang jalannya ada beberapa pedagang ikan asin dan buah"an yg bentuknya tidak pernah saya lihat di pasar tradisional dan di supermarket" yg pernah saya datangi.

Buah itu terlihat seperti timun suri versi bulat, tetapi saya benar" penasaran dan memutuskan untuk berhenti sejenak dan bertanya kepada pedagangnya.

Setelah berhenti laki saya beli buah semangka potong yg ada di kotak kaca dengan es balok seperti yg biasa di pinggir" jalan biasanya. Nah sekalian deh saya nanya buah apa yg bentuknya asing itu..

Syukurlah ibu" yang jualan baik sekali dan memberi tau kalo buah itu bernama "Timun Apel". Sejenak saya mikir kenapa di namain itu ya? Haduh..

Trs saya nanya harga 1kg nya, jujur saya sedikit lupa harganya. Tetapi kira" 15rb /kg nya. Maaf nih klo salah. Ya itu kira" ya.
Dan akhirnya saya memutuskan untuk beli 1/2kg aja dulu untuk coba" di rumah. Nanti klo enak ya beli lagi ke sana.

Ternyata 1 buletan ukuran sedang itu beratnya 1/2kg lebih, ya alhasil cuma dapat satu buah. Trs saya jg beli ikan asin bandengnya. Sepertinya enak. Jarang ada soalnya di kota bekasi.

Sayang bgt waktu itu saya gk foto ibu" itu dan jualanannya. Karena lowbatt hp saya. Hiks.. :'(

Seseampai di rmh, buahnya langsung saya foto dan saya potong. Penasaran bgt soalnya.hehee...

Nih penampakannya,
 Kaya timun suri versi bulat kaya melon yah..
Tetapi paling besar ukuran  buah Timun Apel ini tidak sampai sebesar buah melon, mungkin seperti jeruk bali.

Ini tampak bawah buahnya, kaya belewah ya..

Nah ini pas saya potong,
Mirip banget kaya melon ini dalemnya. Rasanya pas saya cobain juga mirip, tapi ini lebih manis kaya apel dan teksturnya di gigit pas bgt, tdk terlalu lembek tidak keras juga. Jadi ini enak bgt taunya!!! :D

Saya fikir rasanya itu kaya timun suri, yg manisnya biasa" aja lebih ke rasa tawar. Ternyata salah besar, ini enak bgt! Dan rasanya nyesel bgt cuma beli 1/2kg. Hhahaa...
Kalo tau itu enak saya mau beli banyak terus bagi" sodara.
Tetapi yasudahlah mudah"an masih ada di hari esok pas saya kesana lagi.

Oya karena saya penasaran buah Timun Apel ini dari mana asalnya, pas saya googling sih tdk banyak info lengkap ttg timun apel ini.

Tetapi yg saya baca, katanya itu buah pertama kali di budidayakan di aceh krn tdk kesengajaan . Ya googling aja ttg buah timun apel ini klo mau tau info" lainnya. Takut salah saya soalnya.hehee...

Saya cuma bisa cerita di daerah karawang utara bnyk yg jual di dekan pantai pakis jaya. Dan ini rasanya enaaaaak... :9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar